Pengertian Podcast Menurut Sejarah Dan Beberapa Kelebihannya

Tahukah kamu tentang istilah Podcast? Secara umum Podcast merupakan suatu hasil rekaman audio yang bisa didengarkan oleh banyak orang atau penonton. Istilah Podcast saat ini memang sedang ramai diperbincangkan oleh berbagai macam kalangan, mulai dari anak muda hingga dewasa. Bagaimana tidak menjadi trending topic, kalau saat ini para influencer, artis, hingga youtuber sudah banyak yang memanfaatkan Podcast untuk konten mereka.

Namun, sudahkah kamu paham mengenai apa itu Podcast dan bagaimana sejarahnya? Berikut ini ialah pengertian mengenai sejarah dari istilah “Podcast” yang saat ini sedang ramai diperbincangkan oleh khalayak. Dan sebelum membahas Podcast lebih jauh ada baiknya jika anda melihat promo dari sponsor kami, yaitu Lexus365 yang bisa di akses tanpa menggunakan VPN.

Inilah Sejarah Istilah Podcast

Istilah “Podcast” pertama kali diperkenalkan oleh seorang jurnalis “The Guardian” yang bernama Ben Hammersley, pada tahun 2004. Ben menjelaskan bahwa kata “Podcast” tercipta dari singkatan “play-on-demand” and “broadcast”.Karena tertarik dengan Podcast ini, akhirnya pada tahun 2005 perusahaan Apple mengadopsi Podcast untuk beberapa produk Apple dan iPod. Pada tahun ini pula, perusahaan Apple akhirnya merilis sebuah fitur baru yaitu aplikasi Apple Podcast. Dengan adanya aplikasi ini, Podcast bisa disiarankan secara luas melalui berbagai macam radio, seperti contohnya: CBC Radio One, BBC, NPR dan masih banyak lainnya.

Semakin berkembangnya zaman, saat ini Podcast tidak hanya disiarkan melalui media-media penyiaran saja melainkan Podcast bisa dibuat dan disiarkan secara pribadi oleh pembuatnya. Benar sakali, dengan kecanggihan teknologi saat ini Podcast sudah bisa dibuat sendiri dengan mudah. setiap agen judi Lexus365 dengan mudah membuat sebuah konten dengan fitur Podcast ini. Sebelum kita membahas tentang bagaimana cara membuat sebuah Podcast, berikut ada beberapa keuntungan atau kelebihan dari sebuah Podcast.

Kelebihan-Kelebihan Podcast Yang Perlu Diketahui

1. Podcast dapat dengan mudah diakses kapapun dan dimanapun melalui jaringan internet.
2. Podcast memiliki banyak pilihan. Setiap pembuat Podcast dapat menentukan sendiri tema yang nantinya akan digunakan saat melakukan siaran di Podcast mereka masing-masing.
3. Berbeda dengan sebuah radio, Podcast ini tidak menayangkan sebuah iklan. Pada umumnya iklan tidak akan muncul saat Podcast sedang ditayangkan.
4. Konten Podcast lebih mudah dan fleksibel untuk didengarkan.
Itulah beberapa kelebihan menggunakan Podcast yang perlu kamu tahu. Selain kelebihan, kami juga memiliki beberapa tips mudah untuk membuat sebuah Podcast sendiri. Berikut ialah langkah-langkahnya!

Cara Membuat Konten Podcast Sendiri Dengan Mudah

Jika kamu tertarik untuk membuat Podcast sendiri, maka simak beberapa tips dibawah ini:
1. Menentukan tema Podcast milikmu

Langkah yang paling awal untuk membuat sebuah Podcast ialah menentukan tema atau topik bahasan. Disamping itu kamu pun dapat menentukan genre apa yang cocok untuk Podcast mu sendiri. Beberapa contoh tema yang sering dipilih oleh para influencer saat membuat konten Podcast ialah komedi, komentar olahraga, curhatan pribadi, politik, opini dan motivasi dalam kehidupan, musik, dan masih banyak lainnya.

2. Menyiapkan alat yang diperlukan untuk rekaman Podcast

Untuk membuat sebuah rekaman Podcast yang bagus, maka akan lebih baik jika kamu tidak menggunakan built-in di komputer atau laptopmu. Untuk hasil yang memuaskan kami sarankan untuk menggunakan mikrofon terpisah. Selain membuat kualitas Podcast lebih bagus, mikrofon terpisah akan membuat konten Podcast-mu profesional.

3. Membuat konten

Setelah tema dan alat yang diperlukan sudah tersedia maka saatnya kamu siap membuat sebuah konten Podcast. Agar lebih menarik banyak pendengar dan penonton maka usahakan kamu membuat sebuah Podcast yang informatif. Sebuah Podcast tidak perlu memiliki rekaman yang panjang lebar. Yang terpenting ialah isi atau bahasan dalam Podcast tersebut dapat menjadi inspirasi bagi para penonton dan pendengarnya.

Yang perlu kamu ingat, pada umumnya durasi sebuah konten Podcast ialah 20 hingga 60 menitan. Agar bisa sukses dalam membuat sebuah konten Podcast, maka terlebih dahulu siapkan script untuk tayangan Podcast-mu sendiri. Dalam membuat sebuah konten Podcast kamu bisa menggunakan bantuan script saat rekaman. Namun, kamu tidak boleh terpaku pada script tersebut agar nantinya perbincangan dalam konten tidak monoton dan dapat berjalan secara natural.

4. Menggunakan software khusus untuk editting

Setelah selesai membuat rekaman Podcast, maka kamu bisa menyempurnakan hasil rekaman dengan menggunakan software khusus editing. Untuk mendapatkan hasil maksimal dalam penyuntingan suara, kamu bisa memanfaatkan aplikasi Audacity ataupun Adobe Audition. Software penyunting audio ini gratis, jadi kamu bisa menggunakannya secara fleksibel.

5. Menambahkan keterangan dan mengupload konten Podcast

Tahap yang paling akhir dalam membuat konten Podcast ialah menambahkan deskripsi pada setiap cuplikan Podcast-mu. Dalam deskripsi Podcast kamu bisa menjelaskan ringkasan topik yang dibahas dalam Podcast tersebut. Selain itu, untuk mendapatkan perhatian pendengar dan penonton, kamu bisa mengunggah konten Podcast diberbagai platform media, seperti halnya: Youtube, Spotify, Soundcloud, dan lainnya.
Sangat mudah dan simple bukan untuk membuat sebuah konten Podcast sendiri? Dengan informasi di atas semoga bisa membantu kamu dalam memahami apa itu Podcast dan bagaimana cara mudah untuk membuatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *